Jangan Gunakan Tablet PC di Tempat Tidur



Anda perlu berhati-hati saat menggunakan Tablet PC di atas tempat tidur. Meski nyaman dan praktis, panas dan cahaya dari tablet PC bisa mengganggu tidur.

Paparan lampu dan panas dari yang dihasilkan tablet PC selama dua jam mampu menekan melatonin dan
mengganggu ritme sirkadian tubuh, berdasarkan penelitian di jurnal Applied Ergonomics. Hasilnya, ini akan mengganggu proses tidur dan menurunkan kualitas tidur.

Ilmuwan dari Lighting Research Center at Rensselaer Polytechnic Institute mengamati efek tablet PC pada melatonin 13 orang. Mereka meminta relawan untuk bermain dan menonton film dari tablet. Beberapa dari mereka menggunakan kacamata khusus yang mempengaruhi produksi melatonin tubuh berdasarkan cahaya dari layar PC.

"Paparan lampu dari tablet PC bisa menekan melatonin hingga 22 persen," kata peneliti Mariana Figueiro, profesor di Rensselaer Polytechnic Institute dan direktur Light and Health Program.

"Menggunakan alat-alat tersebut pada saat tidur bisa mengganggu sistem sirkadian tubuh manusia," tambahnya, seperti dilansir oleh Huffington Post (05/09).

Peneliti melihat bahwa setiap tablet PC memiliki perbedaan tingkat cahaya, hasil penelitian ini tak bisa dijadikan generalisasi terhadap semua jenis tablet PC.

"Meski begitu, kami menyarankan agar pengguna tablet meredupkan cahaya alat ini saat malam untuk mengurangi penekanan pada melatonin. Selain itu sebaiknya kurangi penggunaan alat ini di atas tempat tidur dan sebelum tidur," kata Figueiro.

**semoga bermanfaat**


EmoticonEmoticon