Cara Memutihkan Gigi


Cara memutihkan gigi, kita juga harus memperhatikan dengan seksama bagaimana cara perawatan gigi yang sebenar-benarnya. Gosok gigi setiap hari saja ternyata tidak cukup untuk membuat gigi kita menjadi putih seperti mutiara atau seperti yang ditayangkan pada iklan-iklan gigi putih bersinar di Televisi.
Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata, yang memiliki struktur yang bervariasi (yang memungkinkan) gigi untuk melakukan banyak tugas. Nah…, sebelum sampai kepada cara memutihkan gigi, berikut adalah cara perawatan gigi yang harus kita lakukan dari sekarang :

- Gosok gigi minimal 2 kali sehari.
- Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali. Pilih sikat gigi yang bulunya lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi.
- Jangan lupa sikat lidah, yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.
- Gunakan pasta gigi yang mencantumkan ADA untuk memastikan kandungan fluoride cukup untuk mencegah lubang dan kerusakan gigi.
- Gunakan obat kumur.
- Benang gigi, pengunaan benang gigi sekali sehari dianjurkan untuk mengangkat plak yang tidak dapat disentuh sikat gigi dan obat kumur.
- Permen karet tanpa gula, mengunyah permen karet tanpa gula dapat meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi.
- Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan manis, seperti sirup, permen, dan cokelat.
- Minum air setelah makan.
- Biasakanlah untuk makan buah-buahan segar. Selain baik untuk kesehatan, seratnya dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi.
- Makanlah makanan yang seimbang dan kaya kalsium, seperti susu, keju, telur, teri, bayam, katuk, sawi, dan agar-agar.
- Periksa gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Kemudian langkah yang harus kita ambil untuk cara memutihkan gigi, adalah sebagai berikut :
  • Hindari minum kopi, teh dan red wine. Keempat minuman tersebut dapat dengan mudah meninggalkan noda pada gigi. Kalaupun Anda harus meminumnya, gunakalah sedotan. Dengan demikian, minuman tidak perlu kena gigi.
  • Sayuran dan buah sangat baik dikonsumsi. Selain sebagai makanan yang sehat, buah dan sayuran seperti apel, nanas, wortel, dan seledri juga efektif membantu membersihkan gigi secara alami.
  • Konsumsi pula sayuran yang dapat mencegah noda pada gigi seperti brokoli, selada dan bayam.
  • Perhatikan sikat gigi Anda. Jika sikat gigi sudah rusak, tentu tidak bisa digunakan secara efektif. Ganti dengan sikat gigi baru.
  • Sikat gigi dengan cara yang benar. Gunakan pasta gigi yang kering dan bulu sikat halus dengan gerakan vertical [atas bawah]. Bulu sikat yang basah tidak akan mengangkat warna kuning pada gigi.
  • Menggosokkan kulit buah lemon pada gigi juga dapat memutihkan gigi secara alami.
  • Buah stroberi ternyata punya efek alami memutihkan gigi, karena buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Jika Anda gemar minum jus stroberi, jangan buang ampasnya. Ambil ampas itu dan gosokkan pada gigi. Setelah didiamkan sesaat, berkumurlah.
  • Gunakan benang [Dengal Floss] gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, setidaknya sehari sekali.
  • Gunakan Cara Memutihkan Gigi dan pasta gigi yang mengandung formula pemutih gigi seperti hydrogen peroksida, gliserin, carbopol atau sodium hidroksida. Namun harus sesuai anjuran dokter.
Kalau yang ini adalah [tambahan] Tips Alami secara tradisional yakni dengan cara :
Ambilah baking soda setengah sendok teh lalu terapkan menyeluruh pada gigi setidaknya 10 – 15 menit kemudian bilas. Cukup lakukan 1 kali sehari. Jangan pula gunakan peroksida hydrogen karena akan beresiko pada gigi.
Cobalah biasakan makan buah apel secara langsung dengan tidak membuatnya seperti jus. Di samping zat alami yang dapat mencerahkan kulit Anda, buah apel juga dapat memutihkan gigi. Karena zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat membuat noda terkelupas sebelum molekul noda menempel pada gigi. Jangan lupa pula minum air setelah setengah jam memakan apel untuk menghapus asam dan deposit gula pada gigi dan gusi.
Ambillah sebuah pinang. Kemudian bakar bijinya hingga seperti arang, setelah itu haluskan pinang yang sudah berubah menjadi arang tadi sampai lembut. Gosokkan ke gigi dengan sabut pinang atau kain katun. Bila Anda rajin melakukan setiap hari selama tiga hari berturut-turut, niscaya hasilnya sudah kelihatan. Selanjutnya, dapat dilakukan dua sampai tiga minggu sekali. Tips ini dapat dilakukan sesudah atau sebelum menggosok gigi dengan pasta gigi.

*Semoga Bermanfaat …*


EmoticonEmoticon