Komputer Mampu Turunkan Resiko Demensia



Nah Sobat sudah tau arti dari Demensia belum?? kalo belum saya kasih pengertiannya dulu yak :D
Demensia adalah berkurangnya fungsi kognitif otak. Demensia merupakan istilah yang digunakan untuk sekelompok gejala kelainan yang mempengaruhi otak. Demensia bukan suatu penyakit tertentu.
Demensia biasa terjadi pada
orang lanjut usia, tetapi demensia dapat dialami orang dewasa berbagai usia karena penyakit tertentu yang mempengaruhi fungsi otak.

Gejala-Gejala Demensia
  1. Tidak bisa mengingat. Lupa adalah gejala yang paling umum yang menunjukkan seseorang mengalami demensia. Penderita mungkin tidak bisa mengingat kejadian yang pernah dialami. Kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan penderita lupa identitas diri dan apa saja yang baru saja dilakukan.
  2. Tidak bisa mengendalikan emosi. Jika bagian otak yang berfungsi mengendalikan emosi menjadi rusak, penderita dapat menjadi mudah marah, cemas, takut, dsb.
  3. Masalah komunikasi. Kelupaan dan kehilangan kemampuan memahami kata serta kehilangan koordinasi tubuh dapat menyebabkan penderita demensia menjadi tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Kita tentu sering mendengar banyak dampak buruk dari penggunaan komputer. Mulai dari radiasi penyebab gangguan tidur hingga kerusakan mata. Namun tak selamanya komputer memberikan pengaruh buruk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa layar komputer mampu menurunkan risiko demensia pada manula hingga 40 persen.

"Ketika populasi dunia bertambah, orang yang mengalami penurunan kognitif dan demensia akan meningkat hingga 50 miliar di tahun 2025," kata peneliti Osvaldo Almeida, profesor di University of Western Australia (UWA).

Almeida dan rekannya melakukan penelitian pda 5.000 pria berusia 65 - 85 tahun selama delapan tahun.
"Penemuan kami benar, peningkatan jumlah penderita demensia 40 tahu mendatang kemungkinan tak terlalu tinggi," kata Almeida, seperti dilansir oleh Health Me Up (10/09).

Beberapa gejala awal demensia adalah mulai melupakan beberapa hal, misalkan melupakan jadwal rapat, meletakkan barang, melakukan kegiatan, mudah marah, dan moody.

Almeida mengamati efek kepemilikan komputer pribadi terhadap risiko demensia. Hasilnya, orang yang memiliki komputer pribadi diketahui memiliki penurunan risiko demensia sekitar 30 - 40 persen dibanding orang yang tak memiliki komputer.

Sayangnya dalam penelitian ini tak diperhitungkan rentang usia, tingkat pendidikan, dan keadaan mental relawan.

Meski begitu, hasil ini cukup untuk menyarankan para manula mulai menggunakan komputer pribadi. Namun sebelumnya manula juga harus mengetahui bahaya apa yang bisa ditimbulkan jika mereka terlalu lama menggunakan komputer.

**semoga bermanfaat**


EmoticonEmoticon